Panduan Pengerjaan GT FIT310

Pengantar

Tujuan akhir dari grand task (GT) ini adalah menghitung momen dipol listrik dari sebuah molekul diatomik. Tentu saja perhitungan kita lakukan dengan basis mekanika kuantum. Masih ingat rumus momen dipol listrik secara mekanika klasik? Lihat Buku teks [1], p.p. 151, Example 3.10.

Momen dipol listrik adalah sifat fisis materi yang terpenting. Kenapa?

Ada empat perkakas utama manusia untuk mempelajari materi: 1) elektron, 2) nucleon, 3) cahaya, dan 4) gravitasi. Keempat perkakas ini ibarat stetoskop saat dokter memeriksa seorang pasien. Tapi, tidak berarti keempat perkakas itu dapat dipakai untuk setiap materi. Mempelajari atom, misalnya, kita tidak menggunakan gravitasi karena interaksi atom dengan medan gravitasi sangat kecil.

Dari keempat perkakas itu, cahaya adalah perkakas yang dapat bekerja pada semua materi. Dengan kata lain, semua materi merespon cahaya. Mereka bisa merespon cahaya karena mereka memiliki momen dipol listrik. Lihat Buku teks [2], p.p. 348, Chapter 9.2.1. Itu sebabnya momen dipol listrik adalah sifat fisis materi yang terpenting.

Segala sesuatu di alam semesta ini selalu ada pengecualian. Semua logam berwujud padat pada STP, kecuali airraksa. Air menyusut ketika didinginkan, tapi mengembang ketika melewati 4 derajat celcius. Begitu juga dengan momen dipol listrik. Ada sejumlah molekul dengan nol momen dipol listrik. Lalu, apakah kita tidak dapat memakai cahaya untuk mempelajari mereka? Jangan khawatir, cahaya itu makhluk suci, takada yang lepas dari gapaiannya. Salah satu teknik untuk mempelajari materi dengan momen dipol listrik nol adalah Raman Spectroscopy, yang bukan menjadi topik kita di mata kuliah ini.

Diagram-alir kerja

Penilaian

  • UTS: maks. 40 poin.
  • Laporan 1: maks. 20 poin.
  • Laporan 2: maks. 40 poin.

Buku teks

[1] David J. Griffiths, Introduction to Electrodynamics, 4th ed. Pearson, 2012
[2] David J. Griffiths, Introduction to Quantum Mechanics, 2nd ed. Prentice Hall, 2005
[3] Thomas A. Albright, Jeremy K. Burdett, dan Myung-Hwan Whanbo, “Orbital Interactions in Chemistry”, 2nd ed, John Wiley & Sons, 2010

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar