Webinar Big Data And Artificial Intelligence In The Future Of Medical Technology

Departemen Fisika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga, telah sukses menyelenggarakan webinar daring dalam program World Class University by Subject dari Universitas Airlangga pada tanggal 22 Oktober 2020. Acara ini juga merupakan salah satu acara perayaan Dies Natalis ke-66 Universitas Airlangga tahun ini. Webinar daring ini bertema “Big Data dan Artificial Intelligence in The Future of Medical Technology”. Tiga pembicara utama dari tiga negara dan afiliasi yang berbeda diundang untuk berbagi keahlian mereka dalam hal big data dan kecerdasan buatan dalam teknologi medis.

Webinar Big Data And Artificial Intelligence In The Future Of Medical Technology

Hari                 : Kamis, 22 Oktober 2020

Waktu             : 08:00 – 11:00 (WIB)

Pembicara

  1. Dr. Leo Anthony C., M.D., M.P.H. (Massachusetts Institute Of Technology – USA)
  2. Che-Wei Lin, Ph.d. (National Cheng Kung University -Taiwan)
  3. Dr. Rifai Chai (Swinburne University Of Technology – Australia)

Resume Singkat

Webinar ini dibagi menjadi tiga sesi dan dipimpin oleh MC kami, yaitu Osmalina Nur Rahma, S.T., M.Si. (Dosen Program Studi Teknik Biomedis, Departemen Fisika, Universitas Airlangga). Acara ini dibuka pukul 07.30 WIB oleh Dr. Fatmawati, Wakil Dekan III Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga. Peserta acara ini adalah mahasiswa, akademisi, atau peneliti dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Airlangga, Universitas Gunadarma, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Institut Teknologi Bandung, Universitas Surabaya dan lain sebagainya.

Pembicara pertama yaitu Dr. Leo Anthony Celi, M.D., M.P.H. yang berasal dari Massachusetts Institute of Technology, Harvard Medical School, USA. Beliau mengusung topik “An Awakening in Medicine: The Partnership of Humanity and Intelligent Machines”. Moderator sesi ini adalah Dr. Riries Rulaningtyas, S.T., M.T. Topik ini sangat menarik sehingga membuat beberapa peserta antusias menyampaikan pertanyaan mereka tentang peran artificial intelligence dalam bidang kedokteran dan bagaimana berinteraksi dengan teknologi ini untuk menghadapi beberapa tantangan di masa depan, khususnya bidang medis.


Pembicara kedua adalah Mr. Che-Wei Lin, Ph.D. dari National Cheng Kung University, Taiwan yang membawakan presentasi berjudul ” ASEASAVE: AI-Based Screening Equipment of Arrythmia And Structural Heart Diseases Using Artery Vibration Energy “. Moderator sesi ini adalah Alfian Pramudita Putra, S.T., M.Sc. Mr. Lin menjelaskan pendekatan baru untuk mendiagnosis kondisi jantung dengan menggunakan sensor pulse audiogram. Penggunaan kecerdasan buatan dalam studinya membantunya laam proses deteksi dini aritmia dan penyakit jantung struktural dengan akurasi yang tinggi.


Pembicara ketiga adalah Dr. Rifai Chai dari Swinburne University of Technology, Australia yang membagikan ilmunya kepada kita dengan presentasi berjudul “Brain Technology and Application”. Moderator sesi ini adalah Akif Rahmatillah, S.T., M.T. Mr. Chai menekankan pada perkembangan studinya di bidang teknologi untuk mempelajari tentang otak, terutama tentang Electroencephalogram (EEG). Dia menggunakan sinyal EEG untuk mendeteksi hipoglikemia, mengklasifikasikan kelelahan pengemudi, dan mengontrol kursi roda.
Ketiga sesi tersebut penuh dengan pertanyaan dari para peserta yang ingin mengetahui lebih jauh tentang perspektif para narasumber dalam hal penggunaan big data dan kecerdasan buatan dalam perkembangan teknologi kedokteran. Bahkan beberapa pertanyaan harus dijawab di luar webinar karena keterbatasan waktu. Semua pembicara juga terbuka untuk diskusi atau kolaborasi lebih lanjut.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Dicari Kontributor Web Fisika

Anda ingin bergelut di dunia jurnalisme sains, sembari berkontribusi membangun web jurusan?

Ayo Tunggu Apalagi

Daftarkan diri anda, untuk kemajuan bersama
Daftar
0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notify of
guest
0 Respon
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x
id_IDBahasa Indonesia