Mereka Yang Bermanfaat

Penulis: FR

Edit: 9:11 am, 
      pada hari yang sama dengan artikel ini 
      pertama kali ditayangkan.

Setelah mempertimbangkan bahwa artikel ini 
lebih layak tayang di blog pribadi saya, 
saya ganti konten artikel ini dengan yang 
lebih layak tayang di blog TPRG.

Terima kasih atas pengertiannya.

- FR

Isi artikel asli masih dapat diakses di sini.

Fungsi Lintasan dan Fungsi Keadaan

Gegara melihat poster demo ini, saya merasa perlu untuk mengingatkan para peserta kuliah FIT204 Termodinamika: Bahwa kerja (W) adalah fungsi lintasan

W = \int_a^b{\vec{F}(\vec{r}) \cdot \mathrm{d}\vec{r}}\;.

\mathrm{d}\vec{r} adalah elemen lintasan. Jika a adalah Surabaya dan b adalah Jakarta, \int_a^b \mathrm{d}\vec{r} adalah lintasan (jalan) dari Surabaya menuju Jakarta. Mudah bagi kita, bukan, untuk membayangkan banyak pilihan jalan dari Surabaya ke Jakarta. Jika kita naik mobil, setidaknya ada dua pilihan jalan: lewat Jogjakarta (Selatan), atau lewat Semarang (Utara). Meskipun awal dan akhir perjalanan sama, tapi jalan yang kita tempuh dapat berbeda.

Perbedaan lintasan ini, menurut definisi matematis kerja, memberikan nilai kerja yang berbeda. Kembali ke contoh jalan mobil Surabaya-Jakarta tadi. Misalnya jalan Selatan beraspal, sedangkan jalan Utara tidak. Maka, kita akan mengeluarkan kerja ekstra saat melintasi jalan Utara dibandingkan saat melintasi jalan Selatan. Akibatnya, kita akan lebih capek sesampai di Jakarta kalau memilih jalan Utara.

Continue reading →

Praktikum LiNet 1441 H

Salah satu mata kuliah baru di kurikulum prodi S1 Fisika UA adalah Praktikum LiNet. Ada empat modul yang disediakan: satu modul terkait kasus elektrostatik, dua kasus magnetostatik, dan satu kasus elektrodinamika.

Aktivitas lab seperti praktikum, praktikum apapun itu, setidaknya punya dua misi. Pertama melatih kemampuan psikomotorik, yaitu kemampuan yang terkait ketrampilan dan kerjasama untuk menyelesaikan satu masalah. Kedua adalah membuat laporan ilmiah terkait apa yang telah dilakukan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Artikel ini memandu peserta untuk misi kedua.

Petunjuk Penulisan Laporan Praktikum LiNet

Struktur Laporan

  1. Judul
  2. Nama dan NIM pelaku praktikum
  3. Abstrak
  4. Latar belakang
  5. Pengaturan instrumen
  6. Hasil dan Diskusi
  7. Kesimpulan
  8. Bibliografi

Penggunaan Bahasa Indonesia yang benar menjadi komponen tertinggi penilaian!

Judul

Berikan judul sesuai dengan kaidah ilmiah, yaitu menyatakan sesuatu yang menarik yang Anda dapatkan saat melakukan praktikum. Jangan beri judul sesuai dengan nama modul.

Continue reading →

FIT303 Listrik dan Magnet Tahun 1440

Description

Kelanjutan dari silabus FIT301, berikut adalah silabus untuk kuliah FIT303 Listrik dan Magnet (LiNet).

Course’s mapping.

This is a comprehensive class to introduce phenomena due to the electricity and magnetism which lead to the most significant field in physics world: electromagnetic. It is safe to conclude that almost every single physical phenomena in our daily life are governed by the electromagnetic force. Electromagnetic force is the reason we can sit well on a chair, the formation of rainbow, the origin of lightning, and the mechanism of all modern technologies.

Continue reading →

FIT204 Termodinamika Tahun 1440

Description

FIT 204 – Thermodynamics, a 3-sks course, is an introductory course to understand the various physical properties of equilibrium systems and the relation between them. The physical properties and the relation between them of an equilibrium system are needed to describe the state of the system. The state of an equilibrium system is the most important information in physics such that one can utilize the system for certain needs or applications. For example, thermodynamics tells us the conditions under which a gas will cool upon expansion (an important relation for liquefying gases) and how the vapor pressure of a droplet depends upon the radius of the droplet (an important relation in meteorology).

Continue reading →

The Five Rules

Berikut adalah lima aturan standar (by default) perkuliahan kami.

  1. Holiday is holiday, no day can replace holiday. However, students are expected to learn the material by self-study.
  2. There will be 10 problem sets (PS) during the course. 
    1. One PS contains a number of problems from the referenced text books. 
      They are not to be handed-in. 
    2. But, one of the problems will be the respective quiz. (PS 1 for Quiz 1, PS 2 for Quiz 2, and so on). 
  3. Your final score is determined from 10 quizzes during the lectures.
    1. One quiz contains one problem.
    2. The problem is from the respective PS. (PS 1 for Quiz 1, PS 2 for Quiz 2, and so on). 
    3. Maximum score for every quiz is 10.0.
  4. The quiz will be conducted within the first 15-minutes of a lecture. No additional time allowed, no replacement quiz provided.
  5. Zero tolerance for academic cheating. One academic cheating sends the wrongdoer to fail immediately. Student is allowed to defend his/herself with any valid evidence and clear argument.

Skip to toolbar