FII302 2017 Acara Akhir

Alhamdulillah.

Setelah lima pekan berlalu
datanglah hari yang ditunggu-tunggu,
acara akhir FII302 tahun dua-nol-satu-tujuh.

Llima pekan punya waktu,
tapi kalian hanya mau
memanfaatkan kurang dari separuh.

Berkutat dengan banyak kendala,
yang taksemua kalian peduli,
berujung pada daftar acara
untuk presentasi FII302 ini.

Daftar Presentasi Acara Akhir FII302

Continue reading →

Melaporkan Hasil Spektroskopi

Spektroskopi mungkin teknik pengukuran paling ajaib di dunia. Teknik pengukuran spektroskopi bukanlah teknologi mutakhir, tidak pula yang paling rumit. Magnetic Resonance Imaging (MRI) lah teknik pengukuran berteknologi mutakhir dan paling rumit.

Menurut Concise Encyclopedia of Physics (McGraw-Hill, 2002), definisi spektroskopi adalah sebagai berikut.

Spectroscopy: an analytic technique with the measurement of the interaction (usually the absorption or the emission) of radiant energy with matter, with the instruments necessary to make such measurements, and with the interpretation of the interaction both at the fundamental level and for practical analysis.

Ringkasnya, spektroskopi adalah teknik analitis untuk mengukur interaksi cahaya dengan benda. Besaran yang diukur biasanya serapan/pancaran cahaya oleh/dari benda tersebut setelah dipaparkan cahaya. Interpretasi hasil pengukuran dapat digunakan untuk memahami benda tersebut pada level fundamental (molekular atau atomik) dan pada level praktis.

Continue reading →

Apa Arti Sebuah Angka Bagimu?

Salah satu kemampuan dasar lulusan SMA adalah mencatat hasil pengukuran. Jika kamu diberikan sebuah neraca yang sedang menimbang massa sebuah objek, kamu diminta mencatat hasil pengukuranmu. Ada satu aturan yang berlaku untuk pencatatan semua jenis pengukuran: Aturan Angka Pasti.

Di tingkat universitas, kemampuan ini diasah lagi di banyak matakuliah praktikum, seperti praktikum fisika dasar dan kimia dasar. Dan, untuk mahasiswa fisika, kemampuan ini ditingkatkan ke level:

Jika kamu diberikan sebuah angka, bagaimana kamu menganalisisnya.

Continue reading →

FII302 Metode Penelitian Fisika

Inilah salah salah satu kuliah yang ditunggu-tunggu tiap tahun oleh mahasiswa prodi S1 Fisika. Setidak-tidaknya pada era 2007 s.d. 2010. Kenapa? Karena peserta kuliah akan merasakan alasan kenapa Physics is about measurement, sebagaimana kata Galileo berikut ini.

Measure what is measurable, and make measurable what is not so. — Galileo Galilei

Continue reading →

FIN401 Fisika Inti 2017

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kuliah FIN401 Fisika Inti tahun ini akan membahas fisika partikel, di samping peluruhan inti, sebagai pamungkas dari perkuliahan ini.

Deskripsi

Selebihnya sama: kita akan mempelajari fenomena-fenomena nuklir yang bersumber dari interaksi proton dan neutron. Proton dan neutron yang akan kita bahas tidak dalam bentuk bebas (free particle), melainkan mereka dalam keadaan terikat di dalam inti atom (nucleus). Oleh sebab itu, peluruhan inti dan fisika partikel yang akan kita bahas berdasarkan pengetahuan tentang struktur inti dan interaksi yang terjadi di dalam inti tersebut.

Dan tentu saja kita bahas semua ini berdasarkan perkakas favorit kita, perkakas yang memiliki julukan “the beauty of physics,” yaitu mekanika kuantum.

Continue reading →

Perkakas untuk Bahasa Indonesia

Tentang Skripsi di Prodi Fisika menegaskan kepada kita pentingnya Bahasa Indonesia untuk keperluan Proposal Skripsi dan Skripsi.

Berikut adalah dua perkakas Bahasa Indonesia yang dapat membantu kita meningkatkan kemampuan bahasa Indonesia kita.

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi V, 2016, versi dalam jaringan dan apps untuk android.
  2. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (format pdf), edisi keempat, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. Temukan aturan pemakaian huruf kapital, huruf miring, huruf tebal, penulisan kata yang benar, dan yang paling penting adalah tanda baca.
  3. Seri Penyuluhan Bahasa Indonesia (format pdf), oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015. Seri buku ini membahas empat topik utama, yaitu bagaimana cara yang benar untuk membuat
    1. ejaan;
    2. bentuk dan pilihan kata;
    3. kalimat; dan
    4. paragraf.

Manfaatkan dua tiga fasilitas gratis tersebut, berhentilah takmengerti bahasa bangsa sendiri!

Tentang Skripsi di Prodi Fisika

Oleh: Febdian RUSYDI

(Artikel ini tidak berdiri sendiri, baca Tentang Skripsi di FST untuk mendapatkan pemahaman utuh.)

Bagaimana skripsi di prodi Fisika? Tentu saja skripsi di prodi Fisika tidak boleh bertentangan dengan haluan fakultas yang mewadahinya.

Perihal skripsi (dan otomatis proposal) di prodi Fisika termaktub dalam dokumen resmi kurikum (unduh di sini dan berdoa semoga taut masih aktif).

organisais-materi-kurikulum-fisika-ua
Organisasi Materi Kurikulum dalam dokumen kurikulum prodi Fisika, halaman 9

Kita dapat lihat posisi skripsi di prodi Fisika pada halaman 9 dokumen tersebut (lihat cuplikan gambar). Skripsi terletak setelah Proposal Skripsi. Proposal Skripsi membutuhkan Metode Penelitian Fisika dan dan sejumlah mata kuliah pilihan yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan skripsi.

Apa itu Metode Penelitian Fisika?

Continue reading →

Tentang Skripsi di FST

Oleh: Febdian RUSYDI

Sekarang adalah musim sidang skripsi. Tepat sebelum ini adalah musim sidang proposal. Kedua musim ini terjadi dalam musim hujan.

Skripsi ini punya nama lain, yaitu Tugas Akhir. Kedua nama ini cuma dipakai di Indonesia untuk menyatakan karya ilmiah yang memaparkan hasil penelitian tingkat sarjana (S1). Itu sebabnya sulit mencari padanan kata ini dalam bahasa Inggris.

Banyak yang mengira skripsi ini adalah ujung dari segalanya. Implikasinya, kita harus mampu menjelaskan skripsi kita dengan berbekal semua kuliah yang kita telah ambil semenjak semester 1. Kita harus siap menerima pertanyaan dari dosen penguji dengan bekal semua kuliah yang telah kita ambil semenjak semester 1. Kita pun harus siap dimarahi dengan kalimat sakti: “Kamu kan sudah ambil mata kuliah ini, ini, dan ini. Kenapa tidak bisa jawab?”

Bahkan lebih ekstrem lagi, ada yang berpikir skripsi hanya dapat diambil ketika semua kuliah sudah lulus (minimal lolos). Begitu skripsi selesai, harus wisuda, tidak boleh menambah semester lagi.

Apakah ini benar? Atau cuma tahyul yang lahir dari legenda? Bagaimana sih skripsi di fakultas kita, Fakultas Sains dan Teknologi?

Continue reading →

FIT 2nd Assignment

Your second assignment is similar to the first one, but at this time the theme is about the first law of thermodynamics.

You may use the first law in form of the change in internal energy or in enthalpy.

The deadline of this assignment is Friday, Oct-28, at 11:00 am. The rule is the same with the first assignment

Group

Continue reading →